37 Tewas, Puluhan Hilang Di Pusat Perbelanjaan Siberia

Sebuah kebakaran hebat melanda mall atau pusat perbelanjaan yang sedang ramai dikunjungi konsumen di Siberia.Peristiwa ini sontak membuat geger media di dunia. Pasalnya, jumlah korban tewas tidak tanggung-tanggung, lebih dari 30 orang dan masih banyak yang belum ditemukan. Kebakaran ini juga menjadi salah satu tragedi yang memilukan di Siberia.

37 Tewas, 69 Orang Hilang

Tercatat jika untuk sementara ini, sedikitnya jumlah orang yang tewas mencapai 37 orang. Jumlah ini sangat banyak mengingat kebakaran yang melahap sebuah pusat perbelanjaan terjadi saat jam sibuk di sebuah kota industri di Siberia barat. Bisa dibayangkan betapa paniknya semua orang yang berada di dalam mall tersebut ketika api mulai membesar.

“Pada saat ini, kami dapat mengkonfirmasi (jumlah) kematian 37 orang dalam kebakaran di pusat perbelanjaan Kemerovo,” kata Komite Investigasi Rusia, menurut kantor berita TASS.Gambar-gambar di televisi Rusia menunjukkan asap hitam tebal yang membumbung keluar dari pusat perbelanjaan Winter Cherry di kota Kemerovo, dimana di dalamnya juga terdapat sauna, bioskop multipleks, dan tempat boling yang dipenuhi orang-orang pada hari Minggu sore.

Penyidik ​​awalnya melaporkan lima orang tewas termasuk seorang anak dan 30 orang lainnya terluka dan dibawa ke rumah sakit. Namun, jumlah itu kemudian bertambah sangat cepat ketika jumlah korban tewas baru diumumkan.Satu sumber di layanan penyelamatan setempat mengatakan 69 orang termasuk 40 anak dilaporkan hilang.Ini berdasarkan laporan dari lembaga RIA Novosti.Sementara itu, Komite Investigasi mengatakan itu “memverifikasi informasi bahwa 35 orang mungkin hilang”.

Diprediksi, jumlah ini masih akan bertambah mengingat kebakaran terjadi saat banyak orang sedang sibuk berbelanja. Pihak berwenang masih mencoba untuk mencari dan menyelamatkan korban taruhan bola online lainnya.Untuk para korban, sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan.Adapun untuk aksi penyelamatan, hingga berita ini diturunkan masih dilakukan oleh pihak berwenang.

Akibat Kebakaran Hebat

Temuan awal penyelidikan mengatakan bahwa kebakaran dimulai sekitar 1100 GMT di salah satu gedung bioskop dan menghancurkan lebih dari 1.000 meter persegi pusat tersebut. “Atapnya runtuh di dua bioskop,” kata Komite Investigasi.Dilaporkan juga jika sekitar 120 orang telah dievakuasi dari pusat terjadinya kebakaran.Beberapa diantaranya mendapatkan perawatan ringan.

“Pusat perbelanjaan di beberapa lantai ini penuh sesak dengan banyak orang di tengah hari (saat terjadinya kebakaran).Tidak ada yang tahu persis berapa banyak orang yang ada di dalam ketika kebakaran terjadi,” jelas Alexandre Eremeyev, seorang pejabat dari kementerian pelayanan darurat Rusia setempat, dalam sebuah pernyataan.

“Di mana (untuk) mencari orang-orang?Berapa banyak? Itu sangat mempersulit pekerjaan petugas pemadam kebakaran,” katanya, seraya menambahkan bahwa asap tebal juga menghambat tugas mereka.Sehingga untuk sementara ini yang sangat urgentdilakukan adalah menyelamatkan korban yang belum ditemukan. Untuk selanjutnya, jumlah total korban baru akan dirilis secara resmi dengan jumlah kerugian yang diakibatkan kebakaran tersebut.

Menurut pihak darurat setempat, sekitar 300 petugas pemadam kebakaran dan personil penyelamat diterjunkan ke tempat kejadian dan kebakaran kemudian dapat dikendalikan sekitar 1730 GMT. Walau demikian, kepulan asap kecil masih terlihat. Ini juga mengundang perhatian keprihatinan menteri layanan darurat Rusia, yakni Vladimir Putchkov yang telah berada di lokasi kejadian untuk melihat langsung.Semua pihak termasuk Vladimir Putchkov juga mengharapkan agar korban yang hilang segera ditemukan.

Leave a Reply